Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Akuntansi
dengan Judul : Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Dan Lingkungan
Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
Perkembangan jaman yang semakin modern terutama pada era globalisasi
seperti sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang
berkualitas tinggi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan
prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana
untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah
pendidikan.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber
daya manusia melalui kegiatan pengajaran. UU Sistem Pendidikan Nasional
No. 20 tahun 2003, menyatakan, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya yaitu manusia yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan
jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan (UU Sisdiknas : 2003).
Sekolah Menengah Atas (SMA) mempunyai tujuan yaitu menciptakan atau
menyiapkan peserta didik agar mempunyai kemampuan untuk melanjutkan ke
jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi. Salah satu
usaha yang digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Prestasi belajar merupakan tolok ukur yang utama untuk mengetahui
keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang prestasinya tinggi dapat
dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Prestasi belajar adalah
tingkat pengetahuan sejauh mana anak terhadap materi yang diterima
(Slameto, 1993:17)
Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika
mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah
(Tu’u,2004:75). Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dapat
dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri siswa
(faktor internal) maupun dari luar siswa (faktor eksternal). Faktor
internal diantaranya adalah minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi.
Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah faktor metode
pembelajaran dan lingkungan.
Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang menentukan berhasil
tidaknya siswa dalam proses belajar mengajar adalah motivasi
belajar.Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan keseluruhan daya
penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar,yang
menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar (Sardiman, 2006:75).
Motivasi belajar adalah merupakan faktor psikis yang bersifat non
intelektual. Seorang siswa yang mempunyai intelegensi yang cukup tinggi,
bisa gagal karena kurang adanya motivasi dalam belajarnya.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
19.04
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar