Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Alasan Pemilihan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V  Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan  LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, yaitu sebagai salah satu ilmu yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu matematika selalu dituntut untuk mengimbangi dan melayani perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang secara pesat. Matematika sebagai dasar ilmu-ilmu dasar dituntut peranannya semakin besar. Pelajaran matematika terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih guna menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi peserta didik serta berpadu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya peningkatan prestasi Peserta Didik Sekolah Dasar merupakan tugas guru dan berjangka panjang karena menyangkut masalah pendidikan peserta didik. Meningkatkan prestasi peserta didik harus melalui proses pendidikan yang baik dan terarah. Peneliti sebagai guru kelas dan sekaligus sebagai guru mata pelajaran matematika perlu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika peserta didik Sekolah Dasar. Oleh karena itu maka guru merasa tertantang untuk berusaha mencari ide guna mencari bagaimana meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik.

Dari pengamatan peneliti sehari-hari masih menemukan sebagian besar peserta didik kelas V SD Rejosari 03, nilai matematika pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan kurang memuaskan. Hal ini dimungkinkan karena pemahaman dan konsep tentang simetri lipat dan pencerminan yang belum begitu dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Upaya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika peserta didik Sekolah Dasar pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan kelas V SD Rejosari 03 dapat tercapai bila proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik, berdaya guna dan berhasil guna. Hal tersebut dapat terlaksana bila guru berperan langsung dalam mengajar dan mendidik peserta didik sehingga dapat ditingkatkan kemampuannya, dibina secara teratur dan berkesinambungan. Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan penelitian dengan judul ” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang”.

B. Permasalahan
Berdasarkan apa yang telah diuraikan dalam alasan pemilihan judul dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : apakah melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya dengan memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di SD Rejosari 03 Semarang?
C. Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah akan digunakan metode Tutor Sebaya dengan memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku dimana guru memilih materi yang dapat dipelajari peserta didik secara mandiri lalu membagi para peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil yang heterogen sebanyak sub-sub materi yang akan disampaikan guru. Peserta Didik yang pandai-pandai disebar dalam setiap kelompok dan bertindak sebagai tutor. Masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari satu sub materi dan berdiskusi dengan peserta didik yang pandai sebagai tutor sebaya. Setelah diskusi peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing, guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas dan Guru bertindak sebagai narasumber, setelah wakil kelompok maju guru langsung memberi kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman peserta didik yang perlu diluruskan lalu guru memberikan penilaian dari hasil diskusi kelompok, hal ini berguna untuk memacu semangat belajar peserta didik.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang