A. Alasan Pemilihan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang
Matematika adalah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam berbagai bidang
kehidupan, yaitu sebagai salah satu ilmu yang mendukung perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Oleh karena itu matematika selalu dituntut untuk mengimbangi dan melayani
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang secara
pesat. Matematika sebagai dasar ilmu-ilmu dasar dituntut peranannya semakin
besar.
Pelajaran matematika terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih guna
menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi peserta
didik serta berpadu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya
peningkatan prestasi Peserta Didik Sekolah Dasar merupakan tugas guru dan
berjangka panjang karena menyangkut masalah pendidikan peserta didik.
Meningkatkan prestasi peserta didik harus melalui proses pendidikan yang baik dan
terarah.
Peneliti sebagai guru kelas dan sekaligus sebagai guru mata pelajaran
matematika perlu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika
peserta didik Sekolah Dasar. Oleh karena itu maka guru merasa tertantang untuk
berusaha mencari ide guna mencari bagaimana meningkatkan hasil belajar dan
aktivitas belajar peserta didik.
Dari pengamatan peneliti sehari-hari masih menemukan sebagian besar peserta
didik kelas V SD Rejosari 03, nilai matematika pada pokok bahasan Simetri Lipat
dan Pencerminan kurang memuaskan. Hal ini dimungkinkan karena pemahaman
dan konsep tentang simetri lipat dan pencerminan yang belum begitu dikuasai
dengan baik oleh peserta didik.
Upaya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika peserta didik
Sekolah Dasar pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan kelas V SD
Rejosari 03 dapat tercapai bila proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan
baik, berdaya guna dan berhasil guna. Hal tersebut dapat terlaksana bila guru
berperan langsung dalam mengajar dan mendidik peserta didik sehingga dapat
ditingkatkan kemampuannya, dibina secara teratur dan berkesinambungan.
Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan penelitian dengan judul ” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang”.
B. Permasalahan
Berdasarkan apa yang telah diuraikan dalam alasan pemilihan judul dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut : apakah melalui implementasi model
pembelajaran Tutor Sebaya dengan memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan
Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas
V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di
SD Rejosari 03 Semarang?
C. Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah akan digunakan metode Tutor Sebaya dengan
memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku dimana guru memilih materi
yang dapat dipelajari peserta didik secara mandiri lalu membagi para peserta didik
menjadi beberapa kelompok kecil yang heterogen sebanyak sub-sub materi yang
akan disampaikan guru. Peserta Didik yang pandai-pandai disebar dalam setiap
kelompok dan bertindak sebagai tutor. Masing-masing kelompok diberi tugas
mempelajari satu sub materi dan berdiskusi dengan peserta didik yang pandai
sebagai tutor sebaya. Setelah diskusi peserta didik kembali ke tempat duduk
masing-masing, guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas dan Guru bertindak sebagai
narasumber, setelah wakil kelompok maju guru langsung memberi kesimpulan dan
klarifikasi seandainya ada pemahaman peserta didik yang perlu diluruskan lalu guru
memberikan penilaian dari hasil diskusi kelompok, hal ini berguna untuk memacu
semangat belajar peserta didik.
14.07
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Tahun Ajaran 2006/2007 Pada Pokok Bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku Di SD Rejosari 03 Semarang
Rating: