Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Aplikasi Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Logika Fuzzy

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 Latar Belakang Masalah Aplikasi Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan  Logika Fuzzy
Sebuah toko komputer ingin membangun suatu database yang isinya tidak hanya komponen-komponen dasar komputer, tetapi juga informasi yang dapat membantu dalam memberikan pilihan data spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap bagi para konsumen berdasarkan kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh konsumen.
Pada proses perancangan aplikasi ini, diterapkan metode logika fuzzy dalam studi kasus pemilihan spesifikasi komputer berdasarkan kebutuhan konsumen. Hal tersebut berdasarkan banyak kasus selama ini, dimana konsumen banyak bertanya tentang spesifikasi komputer yang menjadi dasar pertimbangan mereka dalam pemilihan paket komputer lengkap. Biasanya pemilihan spesifikasi komputer pada suatu toko komputer dilakukan dengan berkonsultasi dengan para pegawai toko. Namun hal itu akan memakan waktu yang lama dan tidak praktis. Terdapat suatu metode yang lebih praktis, yaitu dengan membangun suatu aplikasi sistem pendukung keputusan pada penentuan spesifikasi komputer yang di dalamnya juga diterapkan metode logika fuzzy.
Salah satu metode Kecerdasan Buatan yang digunakan sebagai alat prediksi adalah logika fuzzy. FDSS (Fuzzy Decision Support System) menggunakan dasar pengetahuan dalam bentuk aturan “if – then” untuk memproses informasi. Seperangkat aturan fuzzy menggambarkan seperangkat relasi fuzzy antara input fuzzy dan output fuzzy. Metode standar digunakan untuk membuat dasar pengetahuan fuzzy melibatkan identifikasi dari input dan output fuzzy, perluasan dari fungsi keanggotaan fuzzy untuk setiap input dan output tersebut, dan akhirnya konstruksi dari aturan fuzzy [1].
Sistem yang akan dibangun merupakan sistem database fuzzy (Fuzzy Database System), karena pada proses pengambilan keputusan menggunakan logika fuzzy dan menggunakan database dalam menyimpan dan mengambil data spesifikasi komputer. Model yang digunakan pada database fuzzy ini adalah model Tahani, yang masih menggunakan relasi database yang bersifat standar, dengan lebih menekankan penggunaan fuzzy pada beberapa field dalam tabel-tabel yang ada pada database tersebut dan pada perhitungan matematisnya [2].
1.2 Tujuan
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah:
1. Mendesain sistem menggunakan logika fuzzy untuk proses pendukung keputusan dalam penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli.
2. Membangun sistem aplikasi penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli.
1.3 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan pada subbab 1.1. maka masalah-masalah yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana merancang sistem pendukung keputusan dengan menggunakan logika fuzzy.
2. Bagaimana mengimplementasikan pendekatan logika fuzzy pada penentuan spesifikasi komputer untuk suatu paket komputer lengkap, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli, baik dari segi merek maupun logika fuzzy seperti kecepatan prosesor, kapasitas harddisk, kapasitas memory, ukuran monitor, ukuran power supply, serta ukuran VGA.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Aplikasi Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Logika Fuzzy