A. Latar Belakang Masalah Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang
Keberhasilan  siswa  dalam  pembelajaran  merupakan  harapan  utama 
seorang  guru.  Karena  pada  dasarnya  keberhasilan  siswa  juga  keberhasilan 
guru dalam pembelajaran.  Tetapi   kenyataannya  tidak semua pembelajaran 
yang dilakukan guru berhasil semua.
Pendidikan dalam arti  luas adalah meliputi  semua pebuatan dan usaha 
dari  generasi  tua  untuk  mengalihkan  pengetahuan,  pengalamannya, 
kecakapannya  serta  ketrampliannya  kepada  generasi  muda  sebagai  usaha 
menyiapkan  diri  agar  dapat  memenuhi  fungsi  hidupnya  baik  jasmaniah 
maupun rokhaniah.
Permasalahan  pendidikan  yang  mendasar  yang  sering  muncul  adalah 
pada proses belajar mengajar.  Setiap mata pelajaran menemui permasalahan 
yang  tidak  jauh  beda.  Proses  belajar  dipengaruhi  berbagai  faktor  yang 
menentukan kualitas  pendidikan.  Faktor-faktor  tersebut adalah guru, siswa, 
tujuan pendidikan dan pengajaran dan metode mengajar.
Metode mengajar menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari 
deretan  komponen  pembelajaran.  Seiring  dengan  hal  itu  seorang  pendidik 
dituntut agar  lebih cermat  memilih dan menerapkan metode apa yang tepat 
digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Dalam 
proses  belajar  mengajar  dikenal  beberapa  metode  mengajar,  diantaranya 
metode  ceramah,  diskusi,  tanya  jawab,  demonstrasi,  dan  lain  sebagainya. 
Semua metode tadi dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar mengatakan bahwa ada beberapa faktor 
yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengaplikasikan sebuah metode 
pengajaran. Tujuan yang hendak dicapai, kemampuan guru, anak didik, situasi 
dan kondisi pengajaran dimana berlangsung, fasilitas yang tersedia, kebaikan 
dan kekurangan sebuah metode.( Armai Arief, 2002:109)
Metode  ini  dimaksudkan  sebagai  cara  untuk  mencapai  tujuan 
pembelajaran.  Dengan  memilih  sebuah  metode  yang  akan  diterapkan, 
diharapkan  proses  belajar  mengajar  dapat  berjalan  dengan  optimal.  Proses 
belajar mengajar di kelas dapat memperoleh perbandingan yang telihat nyata. 
Bagaimana  hasil  belajar  anak didik  dapat  dibedakan  sebelum dan sesudah 
pemakaian metode tersebut.
Dari  sekian  banyak  metode,  peneliti  menfokuskan  pada  metode 
penggunaan kartu huruf untuk meningkatkan prestasi  belajar  tentang materi 
tajwid pada pelajaran Al-Qur’an Hadist.  Karena metode  penggunaan kartu 
huruf efektif digunakan di MI Baran kelas IV kecamatan ambarawa kabupaten 
semarang.  Dari  pembelajaran  yang  sudah  dilakukan  ternyata  mampu 
maningkatkan  hasil  belajar  siswa  selain  itu  lebih  memperjelas  suatu 
pengertian atau untuk memperlihatkan dengan jalan menggunaan kartu huruf 
materi terlebih dahulu kepada siswa pada pembelajaran Alquran hadist.
Dalam ulangan  Al-Qur’an  Hadis  tentang  materi  tajwid  kelas  IV  MI 
Baran Kecamatan Ambarawa, dari 26 siswa yang mencapai ketuntasan belajar 
hanya ada 40%. Berdasarkan perihal tersebut peneliti mengidentifikasi adanya 
kekurangan  dari  pembelajaran  yang  dilaksanakan.  Terungkap  beberapa 
masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu:
a. Rendahnya  tingkat  pemahaman siswa tentang mata pelajaran Al-Qur’an 
Hadis 
b. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Dari  observasi  awal  penulis  yang  dilakukan  di  kelas  IV  MI  Baran 
Kecamatan Ambarawa, penulis menganggap perlu melakukan penelitian yang 
berjudul  ”Meningkatkan  Pemahaman  Tajwid  Pada  Mata  Pelajaran 
Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran 
Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  dapat  dirumuskan  suatu 
masalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan kartu huruf meningkatkan prestasi belajar Al Quran 
Hadits siswa kelas IV MI baran tahun 2010?
2. Bagaimana  penggunaan  kartu  huruf  dan  dalam meningkatkan  prestasi 
belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI Baran?
Comment With Facebook!
Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang




 

 
 

 22.19
22.19
 Unknown
Unknown
 
 Posted in:
 Posted in:  
0 komentar:
Posting Komentar