Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

Keberhasilan siswa dalam pembelajaran merupakan harapan utama seorang guru. Karena pada dasarnya keberhasilan siswa juga keberhasilan guru dalam pembelajaran. Tetapi kenyataannya tidak semua pembelajaran yang dilakukan guru berhasil semua. Pendidikan dalam arti luas adalah meliputi semua pebuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuan, pengalamannya, kecakapannya serta ketrampliannya kepada generasi muda sebagai usaha menyiapkan diri agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah maupun rokhaniah. Permasalahan pendidikan yang mendasar yang sering muncul adalah pada proses belajar mengajar. Setiap mata pelajaran menemui permasalahan yang tidak jauh beda. Proses belajar dipengaruhi berbagai faktor yang menentukan kualitas pendidikan. Faktor-faktor tersebut adalah guru, siswa, tujuan pendidikan dan pengajaran dan metode mengajar.
Metode mengajar menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari deretan komponen pembelajaran. Seiring dengan hal itu seorang pendidik dituntut agar lebih cermat memilih dan menerapkan metode apa yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Dalam proses belajar mengajar dikenal beberapa metode mengajar, diantaranya metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan lain sebagainya.
Semua metode tadi dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengaplikasikan sebuah metode pengajaran. Tujuan yang hendak dicapai, kemampuan guru, anak didik, situasi dan kondisi pengajaran dimana berlangsung, fasilitas yang tersedia, kebaikan dan kekurangan sebuah metode.( Armai Arief, 2002:109)
Metode ini dimaksudkan sebagai cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan memilih sebuah metode yang akan diterapkan, diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan optimal. Proses belajar mengajar di kelas dapat memperoleh perbandingan yang telihat nyata. Bagaimana hasil belajar anak didik dapat dibedakan sebelum dan sesudah pemakaian metode tersebut.
Dari sekian banyak metode, peneliti menfokuskan pada metode penggunaan kartu huruf untuk meningkatkan prestasi belajar tentang materi tajwid pada pelajaran Al-Qur’an Hadist. Karena metode penggunaan kartu huruf efektif digunakan di MI Baran kelas IV kecamatan ambarawa kabupaten semarang. Dari pembelajaran yang sudah dilakukan ternyata mampu maningkatkan hasil belajar siswa selain itu lebih memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan dengan jalan menggunaan kartu huruf materi terlebih dahulu kepada siswa pada pembelajaran Alquran hadist. Dalam ulangan Al-Qur’an Hadis tentang materi tajwid kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa, dari 26 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya ada 40%. Berdasarkan perihal tersebut peneliti mengidentifikasi adanya kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu:
a. Rendahnya tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran Al-Qur’an Hadis
b. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Dari observasi awal penulis yang dilakukan di kelas IV MI Baran Kecamatan Ambarawa, penulis menganggap perlu melakukan penelitian yang berjudul ”Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan kartu huruf meningkatkan prestasi belajar Al Quran Hadits siswa kelas IV MI baran tahun 2010?
2. Bagaimana penggunaan kartu huruf dan dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI Baran?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang

0 komentar:

Posting Komentar