Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Keefektifan Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Masalah Emosional

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. LATAR BELAKANG Keefektifan Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Masalah Emosional

Melihat kondisi saat ini mulai banyak menimbulkan permasalahan-permasalahan bagi diri individu yang tidak mampu menetralisir setiap perubahan-perubahan yang terjadi dalam dirinya, dan permasalahan yang dihadapi jaman sekarang sangatlah kompleks. Persoalan-persoalan yang kompleks inilah sangat dibutuhkan tenaga ahli yang benar-benar mampu melihat kembali kondisi yang terjadi dalam masyarakat saat ini, dalam hal ini konselor memiliki suatu tujuan agar individu yang mengalami masalah dapat menyelesaikan permasalahannya secara mandiri.
Konseling merupakan salah satu cara terbaik dalam membantu individu untuk mencari solusi permasalahan-permasalahan yang dihadapi saat ini dengan memfungsikan dirinya sendiri (Self counseling). Upaya yang dilakukan dalam konseling untuk membantu individu bermasalah, hambatan-hambatan yang dialami oleh individu mampu memandirikan individu agar mampu menjawab pertanyan- pertanyaan yang terjadi pada individu itu sendiri dan agar menciptakan mental yang baik, konselor sebagai pihak yang dianggap kompeten membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi klien dituntut agar mampu tampil maksimal dalam membantu klien, baik dari segi teknik konseling ataupun pendekatan konseling.
Terapi Rasional Emotif merupakan salah satu pendekatan konseling dengan corak menekankan kebersamaan dan interaksi antara berpikir dengan akal sehat (rational thingking, berperasaan (emoting), dan berperilaku (acting), serta sekaligus menekankan bahwa suatu perubahan mendalam dalam cara berpikir dapat menghasilkan perubahan yang berarti dalam cara berperasaan dan berperilaku. Orang yang mengalami gangguan dalam alam perasaannya, harus dibantu untuk meninjau kembali cara berpikir dan memanfaatkan akal sehat. Menurut Albert Ellis dalam Luthfi Seli Fauzi (2008), manusia itu bersifat rasional dan juga irasional. Orang berperilaku dalam cara-cara tertentu karena ia percaya bahwa ia harus bertindak dalam cara itu. Orang mempunyai derajat yang tinggi dalam sugestibilitas dan emosionalitas yang negatif (seperti kecemasan, rasa berdosa, pemusuhan, dan sebaginya). Masalah emosional terletak dalam berpikir yang tidak logis, dengan mengoptimalkan kekuatan intelektualnya, seseorang dapat membebankan dirinya dari gangguan emosional.
Unsur pokok terapi rasional-emotif adalah asumsi bahwa berpikir dan emosi bukan dua proses yang terpisah. Albert Ellis dalam Luthfi Seli Fauzi (2008), pilaran dan emosi merupakan dua hal yang saling bertumpang tindih, dan dalam prakteknya kedua hal itu saling terkait. Emosi disebabkan dan dikendalikan oleh pikiran. Emosi adalah pikiran yang dialihkan dan diprasangkakan sebagai suatu proses sikap dan kognitif yang intristik. Pikiran-pikiran seseorang dapat menjadi emosi seseorang dan merasakan sesuatu dalam situasi tertentu dapat menjadi pemikiran seseorang, dengan kata lain pikiran mempengaruhi emosi dan sebaliknya emosi mempengarulu pikiran. Pikiran seseorang dapat menjadi emosinya, dan emosi dalam keadaan tertentu dapat berubah menjadi pikiran.
Terapi Emotif Rasional menegaskan bahwa manusia memiliki sumber-sumber yang tak terhingga bagi aktualisasi potensi-potensi dirinya dan bisa mengubah ketentuan-ketentuan pribadi dan masyarakat. Manusia dilahirkan dengan kecenderungan untuk mendesakkan pemenuhan keinginan-keinginan, tuntutan-tuntutan, hasrat-hasrat, dan kebutuhan-kebutuhan dalam hidupnya. Jika tidak segera mencapai apa yang diinginkannya, manusia mempersalahkan dirinya sendiri ataupun orang lain. Terapi Emotif Rasional menekankan bahwa manusia berpikir, beremosi, dan bertindak secara stimulan. Jarang manusia beremosi tanpa berpikir, sebab perasaan- perasaan biasanya dicetuskan oleh persepsi atas suatu situasi yang spesifik.
Berdasar latar belakang tersebut diatas, penulis tertarik untuk meneliti : ”KEEFEKTIFAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF THERAPY DALAM MENGATASI MASALAH EMOSIONAL (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMA PEMBANGUNAN V YAPIS WAENA KOTA JAYAPURA)”.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan sampel pada SMA Pembangunan V YAPIS Waena Kota Jayapura yang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang terletak di kota Jayapura.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Keefektifan Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Masalah Emosional

0 komentar:

Posting Komentar