Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan  Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan  Kewarganegaraan Kelas XI

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. (Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006). Dari pernyataan di atas terlihat jelas bahwa Pendidikan Kewarganegaraan memiliki posisi yang begitu signifikan dalam kehidupan, karena Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya memberikan konsep saja akan tetapi juga memberikan ketrampilan kepada siswa serta dapat menyiapkan dan menciptakan generasi muda menjadi warga negara yang lebih baik. Jadi, jika Pendidikan Kewarganegaraan diterapkan dalam kehidupan akan sangat memberi manfaat di berbagai aspek kehidupan, baik kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Oleh karena itu, seharusnya siswa menyukai dan lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut. Namun kenyataannya, masih ada yang beranggapan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang tidak penting dan terkesan membosankan sehingga memungkinkan siswa menjadi jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya siswa yang datang terlambat, belum mengeluarkan buku dan LKS setelah pelajaran dimulai, kurang memperhatikan penjelasan guru, tidak melaksanakan perintah guru. Disamping itu dari sisi guru, penyampaian materi dari guru kepada siswa masih monoton, tradisional dan minim media. Maka dari itu diperlukan suatu cara agar siswa tertarik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan motivasi belajar dapat meningkat, sehingga tujuan Pendidikan Kewarganegaraan dapat tercapai. Agar motivasi siswa dapat meningkat, guru perlu melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru agar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung. Secara umum media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sangat beragam. Menurut Dale dalam Riyana (2008 : 7) media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi empat, yakni media audio, media visual, media audio visual, dan multimedia. Media pembelajaran saat ini yang dirasa menarik bagi siswa adalah dengan menggunakan media audiovisual berupa video. Media video dapat digolongkan ke dalam jenis media audio visual (AVA) atau media yang dapat dilihat dan didengar. Menurut Riyana (2008 : 51) bahwa “media video adalah media yang menyajikan informasi dalam bentuk suara dan visual”. Penggunaan video yang melibatkan indra paling banyak dibandingkan dengan alat peraga lainnya, dengan video siswa dapat melihat dan mendengar. Pemerolehan hasil belajar melalui indera pandang berkisar 75%, melalui indera dengar 13%, dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Menurut Dwivedi dalam Riyana (2008 : 53) penggunaan slide dan audiovisual (video) sangatlah efektif. Apabila video tersebut dilengkapi dengan software interaktif, maka kemungkinan siswa akan melakukan interaksi dengan program yang ada penggunaan media pembelajaran audiovisual berupa video tersebut akan memberikan motivasi terhadap siswa untuk lebih tertarik terhadap pelajaran yang akan disampaikan, penggunaan video menimbulkan kegairahan siswa selama penggunaannya tepat dan sesuai dengan topik yang disampaikan. Dengan adanya motivasi belajar memungkinkan tercapainya tujuan pembelajaran dengan lebih baik.
Begitu halnya yang terjadi pada SMK Negeri 6 Semarang, dalam pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ketika Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), ternyata motivasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang. Indikator dari kurang tertarik dan termotivasinya siswa terlihat dari ketika pembelajaran berlangsung siswa ada yang datang terlambat, sering ijin kebelakang, ketika pembelajaran sudah dimulaipun mereka tidak langsung mengeluarkan buku PKn namun menunggu perintah dari guru, kurang mempunyai minat dalam mengikuti pembelajaran, ada yang tidak mengerjakan tugas, melamun, bahkan ada yang berbicara sendiri. Hal tersebut diperkuat dari hasil angket pra siklus. Sebanyak 25 siswa memiliki motivasi belajar rendah atau 69,44% dari jumlah siswa. Jika dihitung secara klasikal besar motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah 54,03%. Dengan demikian secara klasikalpun motivasi belajar siswa rendah karena berada pada kisaran kurang dari 60%. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan membosankan dan minim media pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang cenderung monoton dan bersifat tradisional.
SMK Negeri 6 Semarang sendiri merupakan Sekolah Berstandar Internasional (SBI) yang ditopang oleh sarana prasarana yang cukup memadai, ruang kelas dengan media pembelajaran yang lengkap berupa papan tulis, LCD, Laptop, gambar, dan sarana prasarana lain yang mendukung proses pembelajaran. Hal tersebut sangat mendukung pemanfaatan media video dalam pembelajaran. Namun sarana prasarana tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal. Guru masih lebih sering menggunakan papan tulis sebagai media utama pendukung pembelajaran. LCD masih sebatas digunakan untuk menanyangkan power point dan itu masih jarang dilakukan. Sehubungan dengan uraian di atas, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian tentang “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Video pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Semester Ganjil di SMK Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang timbul adalah “Apakah dengan pemanfaatan media video pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI semester ganjil di SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2011/2012?”

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI

1 komentar:

workshop komunitas blogger tasikmalaya mengatakan...

duh gant aq kuliah mungkin saya dowload semuanya gant.
tapi saya ga kuliah nih.
lum ada biaya.
mksh gant infonya

Posting Komentar